Search This Blog

Thursday 8 September 2016

Pengenalan dan instalasi aplikasi untuk HTML


Menurut wikipedia, HTML atau Hyper Text Markup Language merupakan sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut denganSGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee Robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa).

Sebelum membahas langsung ke program, untuk yang pertama-tama diperkenalkan oleh penulis selain apa itu HTML ialah masalah instalasinya. Code HTML dapat ditulis di notepad, notepad++, macromedia dreamweaver dll. Banyak sekali aplikasi yang dapat digunakan untuk pembuatan design web dengan html. Namun untuk saran dari penulis sendiri, alangkah lebih baiknya jika membuat sebuah design web dengan bantuan notepad++ atau notepad, namun sepertinya akan jauh lebih nyaman dengan notepad++ karena tulisan yang tampil di layar tidak terlalu membuat jenuh seperti pada notepad biasa. Namun jika ingin membuatnya di notepad biasa, dapat ditulis codenya dan disimpan dengan akhiran .html (dot html). Mengapa demikian? Karena jika disimpan biasa, maka komputer akan membacanya dengan tipe text (karena auto simpannya dengan .txt) walau isinya dokumen html. Tetapi untuk notepad++ Anda dapat menyimpan dengan pilihan tipenya, dan tentu saja pada saat menyimpan Anda harus memilih .html pada notepad++. Jika bingung dengan penjelasan tersebut, maka penulis beri inti dari maksudnya saja, pada intinya untuk menyimpan file html pada notepad maka harus ditulis manual .html-nya, sedangkan pada notepad++ tidak ditulis manual dalam pengesavean, tetapi user dapat memilih untuk menyimpan dengan tipe apa, karena dalam notepad++ dapat menyimpan / membaca banyak jenis file berbentuk tulisan, seperti css, php dll. Untuk notepad sendiri tentunya sudah ada / terinstal secara otomatis dalam komputer masing-masing, namun untuk penggunaan notepad++ Anda dapat mendownload aplikasi notepad++ di situs notepad++, lalu setelah mendownload tentunya Anda tinggal menginstal hasil download tersebut dalam komputer Anda, maka dengan demikian notepad++ sudah dapat dijalankan.

Selain dengan aplikasi, untuk Anda yang ingin belajar praktis html tanpa harus menginstal terlebih dahulu aplikasinya, maka Anda dapat meletakan code Anda pada situs w3schools.com. Situs tersebut merupakan situs untuk belajar online seputar web design dan web programming. untuk meletakan code Anda pada situs tersebut cukup mudah, dengan Anda memiliki code html maka Anda tinggal masuk ke situsnya, lalu pada tulisan Try it Yourself Anda tinggal klik, maka otomatis web tersebut akan menampilkan sebuah code html yang menjadi contohnya sebagai code milik Anda yang dapat diubah, maka Anda dapat meletakan code html Anda di dalam form tersebut. Dengan demikian pada akhirnya jika code html Anda sudah diletakan dalam form tersebut, maka Anda tinggal mengklik tombol run dengan background warna hijau diatas form tempat meletakan code html tadi, maka dengan begitu hasil dari code Anda akan tampil di sebelah kanan dari form tempat code html (terletak berbeda / terpisah antara code dengan hasilnya). Namun bukan berarti web / blog Anda sudah langsung jadi pada halaman tersebut, karena halaman tersebut hanya untuk contoh / proses belajar saja. Dan dalam halam tersebut juga Anda dapat membuat tampilan hasil code Anda berada tidak disamping kanan codenya, namun form tersebut dapat anda letakan dibawah form tempat Anda meletakan code htmlnya. Bagaimana caranya? Ialah dengan mengklik tombol disamping tombol run dengan bentuk/gambar seperti karakter sama dengan. Dalam situs tersebut banyak pula code html yang dapat Anda pelajari, berikut dengan bahasa pemrograman web dan design web lainnya seperti css, php, javascript dll. Namun ya jika bicara tentang kelebihan dan kekurangan, jelas kelebihannya selain tampilan yang lebih menarik dibanding notepad, juga Anda tidak perlu me-run program Anda dengan aplikasi berbeda seperti menggunakan browser saat membuat program dengan notepad. Oh ya, seklias ditambahkan, untuk me run program dari notepad, Anda dapat mengklik kanan file yang sudah disave di memori komputer Anda, lalu setelah itu Anda tinggal memilih untuk dijalankan di browser yang terdapat pada komputer Anda. Dan untuk notepad++ sendiri dapat dilakukan dengan hal serupa, namun juga dapat dilakukan run dengan cara tekan tombol ctrl+alt+shift+R untuk chrome, ctrl+alt+shift+I untuk internet explorer, ctrl+alt+shift+X untuk mozila firefox dan ctrl+alt+shift+F untuk safari. Namun untuk situs w3schools sendiri tidak perlu repot, Anda tinggal mengklik tombol run lalu tampilan hasil code Anda akan dengan sendirinya tampil disamping kanan atau dibawah form tempat code html tersebut. Namun jika bicara tentang kekurangannya sendiri, sudah jelas karena ini merupakan situs online, maka Anda harus mempersiapkan kota internet lebih banyak, karena untuk yang satu ini berbeda dengan notepad, notepad me-run dengan offline, sedangkan ini dengan cara online, maka dari awal membuka situsnya pun sudah menggunakan kuota internet.

Untuk membuat program html memang banyak sekali aplikasi yang dapat diandalkan, selain notepad, notepad++ dan situs w3schools, penulis sedikit menyarankan untuk penggunaan macromedia dreamweaver. Untuk download macromedia dreamweaver dapat dilakukan dengan download pada MediaFire.com. Kelebihannya sendiri memang hampir sama dengan w3schools yaitu saat code html Anda diletakan, maka dapat dengan mengklik tombol dengan tulisan "design" pada atas form sebelah kiri, disana terdapat tombol untuk penggunaan code, split (antara code dengan hasil sama-sama ditampilkan seperti pada w3schools) dan design, namun dapat juga me-run nya melalui browser dengan cara mengklik tombol F12 pada keyboard komputer Anda jika ingin me-run di chrome, dan dengan ctrl+F12 jika ingin me-run nya di internet explorer. Namun untuk aplikasi yang satu ini, penyakitnya ialah pada saat programmer sudah mengenal tombol design pada bar atas formnya, maka si pembuat program tersebut akan lebih banyak menggunakannya dalam membuat design html, karena memang mudah dengan drag & drop saja, dan otomatis code html dapat tinggal di copy untuk ditampilkan dalam blog/webnya. Namun tetap saja, segala hal yang otomatis, akan tetap kalah dengan yang manual, karena setiap hal yang otomatis tidak akan selengkap pembuatan dengan cara manual. Seperti halnya untuk menampilkan tulisan berjalan pada aplikasi ini (code marquee) maka harus ditambahkan secara manual, tidak dapat dengan otomatis klik saja, dengan demikian menurut penulis lebih baik menggunakan notepad++ saja dalam pembuatan program html sendiri. Lagipula, jika terlalu terbiasa membuat program dengan bantuan aplikasi yang praktis, maka code yang pernah Anda pelajari semakin lama akan dengan mudah terlupakan, dengan demikian nanti Anda akan mempelajarinya kembali jika suatu saat membutuhkan. Banyak programmer handal yang mengatakan bahwa penggunaan aplikasi bantuan dalam membuat sebuah program merupakan hal yang dapat membuat programmer menjadi bodoh. Penulis sendiri setuju dengan hal itu, karena memang penulis pernah merasa nyaman dengan jangka waktu yang lama untuk membuat program melalui macromedia dreamweaver, dan hasilnya penulis justru banyak lupa untuk menggunakan code secara manual, dengan demikian panulis lebih memilih untuk kembali pada notepad++. Bukan hanya berguna untuk menghafal code htmlnya, namun juga dapat membantu mengasal algoritma kita sebagai programmer (walau html sendiri hanya program sederhana atau dapat dikatakan biasa). Tetapi disisi lain walau html terlihat sederhana, namun untuk design dan pemrogaman web sendiri, html menjadi bahasa pemrograman yang dianggap sebagai komponen penting, tanpa html, css, php dan javascript pun tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya (terkecuali untuk hal-hal tertentu). Oh ya ada satu hal yang belum dicantumkan disini, ialah serial key macromedia dreamweaver dapat menggunakan WPD800-54232-80332-94711.

No comments:

Post a Comment