Search This Blog

Friday 19 August 2016

Contact

Sebagai seorang manusia tentunya Goomilar sangat menyadari bahwa banyak sekali kekurangan yang terdapat dalam diri ini, terutama dalam pennulisan dan penyampaian materi dalam tiap halaman yang di postingkan pada blog ini. Maka dengan itu Goomilar berharap dengan adanya kontak yang disediakan ini dapat membantu untuk kebaikan dan perkembangan setiap postingan yang ada. Goomilar sangat berharap adanya kritik dan saran yang membangun untuk materi yang disajikan, sebagai bentuk partisipasi pengunjung untuk sarana sharing. Dan apabila memang ada yang ingin menambahkan postingan dengan tujuan berbagi pengetahuan, silahkan kirimkan pada alamat berikut ini:

Remonc97@gmail.com

Tak perlu merasa asing pada Goomilar, karena dalam dunia ini tentunya dengan menambah pertemanan saja halnya dengan menambah relasi, baik itu untuk dunia kerja pada nantinya, ataupun untuk sharing materi kuliah dan kebutuhan sehari-hari. Dan dengan demikian Goomilar sangat berharap semua materi yang terdapat dalam postingan ini akan berarti serta dapat menambah pengetahuan untuk pembaca maupun untuk Goomilar pribadi. Dan sangat diharapkan pula dengan adanya blog ini, dapat terjalin suatu relasi layaknya komunitas untuk kedepannya, walau andai untuk sementara waktu hanya akan terbentuk dalam sebuah komunitas chat semata. Lalu bagaimana dapat membentuk suatu komunitas chat apabila yang tertera hanyalah sebuah alamat e-mail? Ya mungkin itu yang akan menjadi pertanyaan. Namun dikarenakan blog ini masih baru dibuatnya, maka Goomilar untuk sementara waktu akan melihat terlebih dahulu perkembangan yang ada, seperti seberapa banyak pengunjung yang membutuhkan materi lain selain yang dipelajarinya (sebagaimana banyak pengunjung yang membutuhkan bantuan dari suatu komunitas untuk sharing) terutama yang lebih mengandalkan aplikasi browser dibandingkan buku, lebih khususnya lagi yang sering mengandalkan blog “Goomilar 97” ini.

Andai saja ada dengan jumlah minimal 10 pengunjung yang cukup mengandalkan blog ini, maka untuk info pembentukan komunitas akan se-segera mungkin dikirim via e-mail. Dan dengan demikian Goomilar sangat berharap “yang mengerti semakin mengerti, dan yang masih newbie akan cepat menjadi ahli”. Dan disini tidak ada yang menggurui ataupun digurui, semua sebatas sharing, hanyalah ada yang bertanya serta ada yang menjawab jika mengatahui/memahaminya. Karena Goomilarpun sebagai newbie masih sangat banyak belajar dalam setiap materi yang disajikannya, maka karena itulah kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan dari para pengunjung.

Apa alasan utama Goomilar ingin mengadakan komunitas sharing programming? Ya, inilah yang sangat penting untuk dijelaskan dalam postingan yang satu ini.

Mengingat perkembangan zaman dalam jangka waktu yang ada semakin pesat, dan melihat dunia jenis bahasa pemrograman yang semakin hari semakin bertambah/berkembang, maka pengetahuan tidak akan bertambah jika kita hanya mampu terdiam saja. Seperti halnya, jangankan untuk perbedaan tempat kuliah, perbedaan Dosen pengajar dalam satu universitas yang samapun dapat mempengaruhi perbedaan pengetahuan antar mahasiswanya, maka pengetahuan diluar harus semakin ditambah dengan cara-cara tertentu seperti membaca buku, mencari dari internet dan sebagainya. Dan pada hal ini Goomilar ingin mengadakan sharing yang dirasanya jauh lebih efektif untuk mengasah dan atau menambah pengetahuan sesama programmer.

Memang dalam dunia ini sebaik apapun dan sehebat apapun orang yang mempelajari berbagai hal, akan lebih hebat orang yang fokus untuk menguasai satu hal paling disukainya. Namun disisi lain, apakah tidak terlalu ketinggalan orang tersebut saat materi yang dikuasainya mulai jatuh dan tidak terpakai lagi dalam keseharian? Sungguh dikhawatirkan apabila kita sudah mempelajari dan menguasai satu ilmu namun ternyata ilmu tersebut sudah tidak banyak terpakai lagi di masa depannya, maka tiada salahnya jika kita terus mempelajari walau tidak menguasai semuanya. Maksudnya, seperti pada bahasa pemrograman yang begitu beragam dan terus berkembang, kita dapat mempelajari banyak diantaranya, namun tetap ada satu diantaranya yang akan lebih baik jika kita fokuskan, apapun itu jauh lebih baik jika disesuaikan dengan hobi. Layaknya pecinta android yang sangat fokus untuk membuat aplikasi android, serta pecinta hacking yang selalu mencoba untuk dapat lebih memahami hingga akhirnya menjadi ahli dan selalu siap mengatasi keadaan saat web aplikasinya ada yang meretas.

Kunci untuk menjadi ahli sesuai dengan yang pernah dikatakan Dosen penulis didalam kelasnya, “antara skill dan hobby adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Orang yang memiliki skill namun tidak memiliki hobby maka kerjanya akan biasa saja, begitupun orang yang memiliki hobby namun tidak disertai dengan kemampuannya maka hanya akan merusak saja. Seperti contohnya orang yang hobby perakitan/memperbaiki komputer, saat ia hanya hobby, ia dapat membongkar komputer tersebut namun ia takkan dapat memperbaiki/memasangnya kembali”. Maka dengan itu sesuaikanlah arahmu dengan hobimu. Karena pada saat apa yang Anda kerjakan merupakan bagian dari hobi pribadi, maka andaipun suatu saat Anda mengalami kesulitan/rintangan dengan apa yang Anda tengah kerjakan, maka rasa semangat dan usaha penuh untuk mengatasinya akan tetap dilakukan dengan senang hati. Itulah indahnya apabila skill dan hobby dapat sejalan dalam suatu kegiatan.

Memang tiada ilmu yang tidak dapat dikuasai, semua sama, tergantung niat dan usaha untuk mempelajarinya. Namun sebagaimana biasanya, seorang manusia hanya akan lemah menghadapi rasa malasnya, dan itupun yang selama ini menjadi kendala Goomilar. Rasa malas merupakan musuh terbesar dalam kehidupan. Dan rasa sesal merupakan bentuk kebahagiaan sang “malas” saat mengalahkan diri kita. Maka sungguh benar bahwa penyesalan hanya akan datang di akhir cerita, karena rasa malas merupakan salah satu proses untuk membentuknya. Maka kini hanya terganntung pada diri kita pribadi, akankah menggagalkan pembentukan itu, atau justru membantu prosesnya lebih lanjut.

Orang hebat yang kita kenal sungguh tidak memiliki kelebihan yang jauh dibanding kita, sebagian besar dari mereka hanya memiliki semangat dan kerja keras yang penuh makna dibanding kita. Maka bukan salah takdir jika kita masih begini dan tertinggal jauh oleh mereka, karena kitalah yang membiarkan diri ini terdiam dan jauh tertinggal. Goomilar bukanlah orang yang sukses dan berpenghasilan tinggi hingga mampu bicara seperti itu, namun Goomilar kerap kali menyadari bahwa apa yang dialaminya kini ialah buah dari usaha yang dilakukannya dahulu. Dan itulah sebabnya mengapa Goomilar merasa ingin mengingatkan dan berkata seperti itu, mengingat dirinya sejauh ini masih tertinggal dengan usaha yang pernah dilakukannya.

Memanglah kegagalan merupakan motivasi utama yang dapat membangunkan seseorang dari rasa malasnya, tetapi terkadang kegagalan itu membuat kita semakin terpuruk dan justru membuat kita tak mau bangun kembali. Namun yang jelas, apapun yang pernah terjadi bukanlah akhir dari pengalaman hidup yang dijalani, selagi masih ada hari ini dan kemudian hari, marilah bangkit dan tunjukan bahwa kita dapat menjadi lebih baik dari kita yang terdahulu bahkan dapat menjadi lebih hebat dari mereka yang mulai melemah.

Semoga dengan adanya blog ini dapat bermanfaat dan membantu untuk kebutuhan pengunjung dalam mendalami pengetahuannya. Saya atas nama Goomilar mengucapkan terima kasih atas kesediaan pengunjung dalam mengunjungi blog yang dibuatnya ini.