Search This Blog

Sunday 21 August 2016

Library function dan Keyword dalam bahasa C

Keyword

Dalam bahasa pemrograman C terdapat banyak keyword sebagai kunci dalam menjalankah perintah-perintah yang akan dilakukan. Keyword dapat diibaratkan seperti kunci kendaraan, dimana setiap kita ingin berkendara, maka kendaraan tersebut takkan bisa hidup tanpa adanya kunci. Maka dengan begitu, keyword sangatlah penting untuk menjalankan statement pada suatu fungsi dalam bahasa pemrograman, khususnya dalam pemrograman C.untuk contoh keyword tersebut, perhatikanlah contoh program berikut ini:
#include<stdio.h>
main(){
int A=97, i;
for(i=0; i<3; i++);
printf("%i\n", A);
}
}
pada program diatas terdapat keyword dari ANSI C yaitu "for", dimana for memiliki nilai awal 0 dan berikutnya memiliki kondisi kurang dari tiga serta perubahan kondisi yang setiap perubahannya ditambah 1. Maka dengan demikian akan terjadi 3 percetakan ke layar yang diberi garis baru oleh "\n". Maka yang akan tercetak ke layar sebagai berikut:
97
97
97
Untuk keyword itu sendiri dalam bahasa ANSI (American National Standards Institute) antara lain:
auto
break
case
char
const
continue
default
do
double
else
enumextern
float
for
goto
if
int
long
register
return
short
signed
sizeof
static
struct
switch
typedef
union
unsigned
void
volatile
while
Namun keyword tersebut hanyalah yang disediakan oleh ANSI. Dalam bahasa C, masih ada beberapa keyword lagi seperti keyword tambahan yang disediakan oleh Turbo C, antara lain:
asm
cdecl
far
huge
interupt
near
pascal

Keyword-keyword tersebut disediakan/ditambahkan oleh Turbo C yang semata untuk membuat pemrograman C semakin memiliki banyak keyword, terutama untuk semakin membantu programmer agar dapat lebih mudah dalam pembuatan program. Karena memang dengan semakin banyak digunakannya pemrograman dengan bahasa C, maka semakin disadari pula akan kebutuhan lain yang mungkin belum tersedia dalam bahasa pemrograman tersebut. Dan sebatas mengingatkan bahwa tiada bahasa pemrograman yang sempurna, semua itu kembali pada programmernya untuk mengatasi suatu program yang dibuat. Jadi intinya dalam pembuatan suatu program, sungguh tanggung jawab itu berada melekat di tangan programmer itu sendiri. Maka dari itu, kepahaman pada suatu keyword merupakan hal penting untuk pembuatan suatu program, bahkan logika yang dituangkanpun takkan mampu berjalan tanpa adanya keyword dalam suatu pemrograman, jadi alangkah lebih baik jika tidak menyia-nyiakan logika baik anda dengan mengabaikan keyword-keyword yang tersedia untuk dipelajari.

Selain tambahan yang diberikan oleh Turbo C, C++ pun menambahkan beberapa keyword demi kesempurnaan bahasa pemrogramannya. Sama halnya dengan Turbo C, C++ menambahkan beberapa keywordnya semata untuk membantu programmer dalam memenuhi kebutuhannya pada saat pembuatan suatu program, dan untuk melengkapi kebutuhan yang ada. Namun kembali pada topik dari blog Goomilar 97 ini, yang dibahas bukanlah bahasa C++, namun hanya bahasa C. Untuk keyword yang disediakan disini hanyalah untuk pengetahuan lebih agar pada suatu saat melihat ada keyword bahasa C++ tidak lagi heran dan bertanya-tanya. Dan untuk alasan mengapa disini tidak membahas C++, karena yang diutamakan penulis ialah logika/alur pikirnya, bukan bahasa C-nya. Dan untuk bahasa C++ sendiri sungguh menggunakan algoritma yang sama, walau banyak kata yanng berbeda untuk penggunaannya, tetapi tetap, jika Anda memahami algoritmanya, maka untuk perbedaan antara C dan C++ bukanlah menjadi permasalahan lagi. Keyword yang ditambahkan dalam C++ sendiri terdiri atas:
asm
class
delete
friend
inline
new
operator
private
protected
public
template
this
virtual

Apakah anda berpikir bahwa itu semua terlalu banyak untuk dipelajari? Ya memang itu semua terlihat banyak, namun kembali pada kebutuhan Anda dalam membuat program, penulis yakin hanya sebagian yang akan sering Anda gunakan, terkecuali apabila Anda sudah expert dalam pemroograman C, mungkin semua keyword itu akan Anda gunakan dan menjadi sahabat sehari-hari dalam pembuatan program. Tapi tenang saja, dengan Anda sering mencoba untuk membuat programnya, maka tanpa harus Anda menghafalpun jari dan pikiran Anda akan dengan sendirinya refleks teringat pada kata-kata yang banyak itu.

Selain keyword, terdapat function, dimana fungsi ini ialah untuk melakukan aktifitas /perintah-perintah seperti halnya mencetak ke layar. Untuk contohnya, perhatikan program berikut ini:
#include<stdio.h>
main(){
printf("Goomilar 97");
}
Pada program tersebut terdapat fungsi untuk mencetak ke layar dengan menggunakan fungsi "printf()". Masih banyak lagi fungsi lainnya yang seperti dibawah ini:

Dalam stdio.h
Library function
clearr()
fclose()
fccloseall()
fdopen()
fflush()
fgetc()
fgetchar()
fgetpos()
fgets()
fopen()
fprint()
fputc()
fputchar()
fputs()
fread()
free()
freopen()
fscan()
fseek()
fsetpos()
ftell()
fwrite()
gets()
getw()
perror()
printf()
puts()
putw()
rename()
rewind()
scanf()
unlink()

Library Macroes
feof(f)
ferror(f)
fileno(f)
getch(f)
getchar(f)
putchar(f)
remove(path)
Dalam math.h
Library function
abs()
acosh()
asin()
atan()
atan2()
atof()
ceil()
cos()
cosh()
exp()
fabs()
floor()
fmod()
labs()
ldexp()
log()
log10()
pow()
sin()
sinh()
sqrt()
tan()
tanh()
Dalam stdlib.h
Library function
abs()
atof()
atoi()
atol()
div()
exit()
free()
ldiv()
malloc()
rand()
srand()
system()

Library Macroes
abs(x)
atoi(s)
random(num)
randomize()
atoi()
Dalam string.h
Library function
strcpy()
strcat()
strchr()
strcmp()
strlen()
Dalam conio.h
Library function
clrscr()
getch()
getche()
gotoxy()
khbit()
putch()
Dalam io.h
Library function
access()
_close()
close()
_creat()
eof()
filelength()
_ope()
open()
_read()
read()
_write()
write()
Dalam ctype.h
Library function
stlower()
toupper()

Library Macroes
isalnum(c)
isalpha(c)
isascii(c)
iscntrl(c)
isdigit(c)
isgraph(c)
islower(c)
isprint(c)
ispuncts(c)
isspace(c)
isupper(c)
isxdigit(c)
toascii(c)
_tolower(c)
_toupper(c)

No comments:

Post a Comment